Jan 2, 2012

'Horsehead Grasshoppers' dari Peru, Belalang dengan bentuk Kepala seperti Kepala Kuda

   Peruvian horsehead grasshoppers Pseudoproscopia latirostrisPeruvian horsehead grasshoppers Pseudoproscopia latirostris male
Bentuk kepala belalang ini yang cukup unik membuatnya disebut sebagai 'horsehead grasshoppers' atau belalang kepala kuda. Kepala belalang betina (kiri) dan belalang jantan(kanan). Mata belalang jantan yang besar membuatnya terlihat lebih aneh ya :-)

Klasifikasi ilmiah belalang kepala kuda "Horsehead Grasshoppers"
Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta – serangga
Order: Orthoptera – terdiri dari belalang ('grasshoppers', atau disebut juga sebagai 'short-horned grasshoppers'), jangkrik ('crickets') dan jangkrik semak ('bush-crickets' atau 'katydids', atau disebut juga sebagai 'long-horned grasshopper')
Suborder: Caelifera – belalang berantena pendek ('short-horned grasshoppers')
Superfamily: Eumastacoidea Burr, 1899
Family: Proscopiidae Serville, 1838
Subfamily: Proscopiinae Serville, 1838
Tribus: Proscopiini Serville, 1838
Genus: Pseudoproscopia Bentos-Pereira, 2007
Species: Pseudoproscopia latirostris (Brunner von Wattenwyl, 1890)

Peruvian horsehead grasshoppers Pseudoproscopia latirostris - male and femaleBelalang ini mirip dengan serangga tongkat ('stick insects'), namun mempunyai kaki belakang yang panjang dan dapat melompat sebagaimana jenis belalang lain. Belalang jantan (yang berada disebelah atas) mempunyai ukuran yang lebih kecil dengan warna yang sedikit berbeda dengan belalang betinanya.

Peruvian horsehead grasshoppers Pseudoproscopia latirostris - first second third instarsNimfa belalang pada tahap instars 1, 2 dan 3. Dalam jangka waktu 4 bulan sejak dari menetas, nimfa belalang akan berganti kulit untuk terakhir kalinya dan menjadi belalang kepala kuda dewasa.

Referensi:
  • www.jonathansjungleroadshow.co.uk/Horsehead%20grasshoppers.htm
  • www.facebook.com/media/set/?set=a.395148239977.63724.22099949977&type=1
  • www.biolib.cz/en/taxonposition/id397023/

Recent Posts :

0 comments:

Post a Comment